Home » » melirik lurik

melirik lurik

Written By lkp on Wednesday, January 15, 2014 | 8:45 AM

" MELIRIK LURIK "

Lurik menurut Ensiklopedia Nasional Indonesia adalah suatu kain hasil tenunan benang yang berasal dari daerah di Jawa Tengah dengan motif dasar garis-garis/ kotak-kotak dengan warna-warna suram. Lurik sendiri berasal dari bahasa jawa "lorek" yang berarti garis-garis yang merupakan lambang kesederhanaan, sederhana dalam penampilan maupun dalam pembuatannya, namun tetap sarat dengan makna.


Lurik selain berfungsi sebagai penutup atau pelindung tubuh juga berfungsi sebagai simbol dan fungsi ritual keagamaan. Motif lurik yang dipakai oleh golongan  bangsawan berbeda dengan yang dipakai oleh rakyat biasa, begitupun yang dipakai dalam upacara adat disesuaikan dengan waktu juga tujuannya.Motif lurik tradisional memiliki makna yang mengandung petuah, cita-cita serta harapan kepada pemakainya.

Pada awalnya motif  lurik sangat sederhana dan dibuat dalam warna terbatas, namun saat ini lurik sudah banyak dikembangkan dengan desain baru yang lebih beragam variasinya dan dengan warna-warna yang lebih berani, yang tidak kalah dengan busana dari batik maupun bahan lainnya. Diharapkan dengan perkembangan ini lurik lebih dapat mendunia, bermakna dan bermanfaat bagi kehidupan dari masa ke masa.

Lkp kusuma sari - kursus menjahit klaten

Alamat Terbaru

Jl. Bayat - Cawas, Ds Sumberjo, Dukuh, Bayat, Klaten 57462, Indonesia, hp.0813 865 97 666