Home » » Iwan Tirta, Desainer & Maestro Batik Indonesia

Iwan Tirta, Desainer & Maestro Batik Indonesia

Written By lkp on Saturday, July 5, 2014 | 2:38 AM


IWAN TIRTA, DESAINER & MAESTRO BATIK INDONESIA

Iwan Tirta, sebuah nama yang tidak asing dikalangan perancang busana dan pecinta batik Indonesia. Beliau adalah salah satu dari sederet daftar perancang busana Indonesia yang ikut memperkenalkan kain batik kepada dunia. Pemilik nama lengkap Nusjirwan Tirtamidjaja ini lahir di Blora, Jawa Tengah pada 18 April 1935 sempat mengambil gelar master hukum di Yale University, US serta London School of Economic.
Iwan Tirta sangat dikenal dunia ketika busana batik rancangannya sebagai pakaian tradisional dikenakan oleh para kepala negara dalam pertemuan APEC tahun 1994. Selain itu  banyak juga membuat desain batik maupun busana baik untuk pria maupun wanita sehingga batik menjadi lebih populer seperti saat ini.


Ketertarikannya kepada batik dimulai ketika beliau mendapat dana hibah dari John D. Rockefeller untuk melakukan riset dan mempelajari tarian keraton Surakarta. Sejak saat itu hingga akhir hayatnya Iwan mengabdikan dirinya untuk kelestarian serta mengembangkan batik khas Indonesia mulai dari sekolah batik, penelitian hingga promosi batik ke mancanegara.



Sang maestro dan pecinta batik sejati ini meninggal di Jakarta pada 31 Juli 2010 dengan mewariskan kurang lebih 6000 desain batik bagi komunitas pecinta batik Indonesia. Semoga profil maestro batik Iwan Tirta dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk lebih mencintai dan melestarikan batik sebagai salah satu warisan budaya asli bangsa kita.


Alamat Terbaru

Jl. Bayat - Cawas, Ds Sumberjo, Dukuh, Bayat, Klaten 57462, Indonesia, hp.0813 865 97 666