Home » » Solo Batik Carnival

Solo Batik Carnival

Written By lkp on Friday, July 4, 2014 | 7:35 PM

SOLO BATIK CARNIVAL 2014

Solo Batik Carnival (SBC) merupakan event tahunan yang diselenggarakan kota Solo, sejak tahun 2008 dan telah mendapat atensi yang luar biasa baik dari masyarakat Solo dan sekitarnya, juga turis domestik dari luar daerah maupun turis asing. Dalam even yang diikuti oleh kurang lebih 200 peserta ini dipertontonkan pesta kostum dengan aneka ragam model dan bentuk, dimana 70% nya menggunakan bahan batik. Selain pesta kostum untuk lebih memberikan variasi juga digelar pertunjukan semacam sendratari/wayang orang yang mengambil cerita dari sejarah kota Solo maupun pembatikan.



Pergelaran ini biasanya diadakan pada bulan Juni, bertepatan dengan liburan sekolah,agar banyak siswa-siswa dari SD-SMA dapat menyaksikan langsung acara ini sehingga dapat mengenalkan serta menambah wawasan keanekaragaman dan keindahan kain batik yang merupakan salah satu karya asli bangsa Indonesia. Pada tahun 2014 merupakan pergelaran ke 7 kalinya SBC diadakan pada tanggal 22 Juni, dimulai dengan arak-arakan pesta kostum dari Jl. Slamet Riyadi yaitu tepatnya di Stadion Sriwedari menuju panggung utama di Balaikota Solo.



SBC yang bertujuan selain melestarikan budaya batik Solo, media edukasi tentang motif batik tadisional juga untuk menarik wisatawan asing untuk datang berkunjung ke Solo  ini setiap tahun mempunyai tema yang berbeda-beda agar tidak terjadi kejenuhan dan juga mengembangkan kreatifitas para peserta. Untuk tahun 2014 tema SBC adalah " WONDERFUL MAJESTIC TREASURE"  bisa diartikan 'harta karun yang indah dan megah' bermakna dalam pergelaran ini kita menggali dari motif-motif batik warisan leluhur kita yang didalamnya terkandung filosofi-filosofi bagi kehidupan kita. Dari tema ini dituangkan dalam beragam motif batik klasik Solo  seperti : wahyu tumurun, sido dai, sido luhur dan lain sebagainya.




Alamat Terbaru

Jl. Bayat - Cawas, Ds Sumberjo, Dukuh, Bayat, Klaten 57462, Indonesia, hp.0813 865 97 666